10 Istilah dan Singkatan di Tiktok yang Wajib Diketahui

by - October 21, 2021

www.bersamakpop.my.id


Sejak pandemi, perlahan-lahan saya mulai beralih ke Tiktok, sebuah aplikasi media sosial buatan Cina yang dirilis pada September 2016.

Awalnya benar-benar tidak tertarik dengan Tiktok, karena dulu dikenal dengan aplikasi alay yang isinya cuma joget-joget aja. Hingga akhirnya terpaksa install dan membuat akun Tiktok karena BTS menyatakan kalau mereka punya akun resmi di Tiktok pada September 2019.

Bisa digaris bawahi, niat bergabung dengan aplikasi ini adalah untuk mengetahui video terbaru BTS saja.

Eh ternyata boyband Kpop favorit lainnya juga punya akun resmi di Tiktok seperti Tomorrow X Together, Enhypen, The Boyz dan lain-lain. Sehingga saya makin sering mampir di Tiktok untuk melihat update-an mereka. Setelah itu sayapun mulai menemukan video menarik, lucu dan penuh inspirasi dari akun lain secara random.

Ternyata Tiktok seru juga! Walaupun saya hanya follow sedikit akun dan itupun akun artis tapi Tiktok memunculkan video lain yang sesuai dengan interest saya.

Tentu awalnya saya bingung dengan algoritma dan istilah-istilah di Tiktok, namun semakin sering berkunjung jadi mulai paham.

Nah pada artikel ini, saya ingin merangkum istilah yang sering ditemukan di Tiktok dan menjelaskan artinya. Ini berguna untuk teman-teman yang baru masuk ke dunia Tiktok, supaya paham dan tidak tersesat di dalamnya, hehe.




Arti dari Istilah dan Singkatan di Tiktok yang wajib diketahui oleh pemula



1. FYP


FYP adalah kependekan dari For Your Page atau arti bahasa Indonesianya adalah Halaman Untukmu. Singkatan ini masih berkaitan dengan kolom "For You" yang ada di halaman depan aplikasi Tiktok.

Saat membuka aplikasi Tiktok, pada bagian paling atas ada dua tulisan yaitu "Following" dan "For You". Jika klik "Following" maka layar handphone kamu akan menampikan video dari akun yang diikuti saja. Sementara jika klik "For You" maka Tiktok akan memunculkan video viral atau video lain sesuai dengan interest kamu secara random. Dan tetap diselingi oleh video dari akun yang diikuti.

Orang-orang menyebutkan bahwa video yang berhasil masuk ke "For You" tadi sebagai video fyp. Dan biasanya memiliki jumlah like dan view banyak, atau sedang trending. Oleh karena itu, warga Tiktok sering menggunakan hashtag #FYP atau #foryourpage agar bisa masuk laman "For You" dan berharap banyak yang melihat video mereka.


2. Creator


Creator merupakan sebutan untuk orang yang membuat konten Tiktok. Ini akan terlihat di kolom komentar. Biasanya jika sang pembuat video menulis komentar maka di sebelah nama akun akan ada tulisan "creator" dengan warna merah.

Creator dalam bahasa Indonesia adalah pembuat atau pencipta, maka jika pengaturan Tiktok kamu dalam bahasa Indonesia maka yang terlihat kata "pencipta" bukan "creator".


3. VT


VT adalah singkatan dari Video Tiktok. Jadi jangan bingung karena pada tulisan selanjutnya saya akan menyingkat video Tiktok menjadi VT.


4. Duet


Duet adalah fitur di aplikasi Tiktok yang membuat kamu bisa berduet atau berkolaborasi dengan video creator lain. 

Dengan fitur ini, kamu bisa memilih video yang kamu sukai lalu pilih duet. Nanti layar akan dibagi menjadi dua yaitu video creator lain dan video kamu. Banyak yang bisa dilakukan dengan fitur duet, misalnya duet bernyanyi, duet nyanyian dan alat musik, ada juga duet untuk membuat reaksi.





5. Stitch


Stitch adalah fitur unik di aplikasi Tiktok yang mirip dengan Duet karena membuat kita bisa mengunakan langsung VT creator lainnya.

Namun bedanya, kalau fitur Duet dua video bersebelahan, sementara fitur Stitch dua video menjadi bersambung. Misalnya, saya suka dengan VT BTS yang memiliki durasi 30 detik dan ingin mengomentari ekspresi mereka. Maka saya akan stitch VT BTS dengan durasi 10 detik saja setelah itu ditambahkan video reaksi saya.

10 Istilah dan Singkatan di Tiktok yang Wajib Diketahui
Tersangka yang membuat saya teracuni Tiktok


6. POV


POV adalah singkatan dari point of view yang artinya sudut pandang. Akhir-akhir ini creator Tiktok sering membuat video dengan konsep POV.

Misalnya "POV : Gue jadi anggota girlband yang beragama islam". Nanti isi videonya adalah ilustrasi jika seorang muslimah berprofesi sebagai anggota girlband di Korea, seperti tidak bersalaman dengan fans laki-laki, memberikan ucapan selamat berbuka di Twitter selama bulan puasa, dan lain-lain.

Jadi POV itu bisa diartikan sebagai "Ceritanya" sehingga menjadi "Ceritanya : Gue jadi anggota girlband yang beragama islam".


7. IB


IB merupakan singkatan dari inspired by yang artinya "terinspirasi dari".

Sepengamatan saya, Tiktok adalah media sosial yang suka mendorong warganya untuk membuat sebuah tren. Kadang ada tren yang memang diciptakan oleh Tiktok ataupun akun artis. Namun ada juga tren yang tidak sengaja muncul dari sebuah akun biasa, seperti tren akhir-akhir ini di Indonesia adalah membeli es krim cone McD yang dimakan di wadah setelah dihancurkan.

Biasanya saat ada orang yang terinspirasi dari VT akun lain, mereka akan menulis "IB @namaakuntiktok" pada bagian caption.


8. Spill


Spill adalah kosa kata bahasa Inggris yang berarti menumpahkan.

Kata "spill" sering digunakan oleh anak-anak Tiktok dengan contoh kalimat seperti ini "spill merek bajunya donk!" "spill harganya kak". Dari kalimat di atas bisa dipahami bahwa "spill" bisa diartikan sebagai "kasih tau". So, jadinya seperti ini "kasih tau merek bajunya donk!" "kasih tau harganya kak".

Kok bisa "spill" dari arti "menumpahkan" bisa jadi "kasih tau"?

Menurut saya ini berawal dari bahasa gaul "spill the tea" yang secara literasi diartikan sebagai "menumpahkan teh", namun maknanya adalah merupakan sebuah kegiatan yang merujuk pada membongkar sebuah rahasia atau sebuah kebenaran. Makanya makna "spill" meluas menjadi "kasih tau" di dalam bahasa Indonesia.


9. Bagi Mentahan/Mau Mentahan


Jika delapan istilah atau singkatan di atas adalah bahasa Inggris maka sekarang ada istilah bahasa Indonesia yang sering muncul di dunia Tiktok Indonesia tentunya.

"Bagi mentahannya donk", "Mau lihat mentahannya donk" kalimat ini biasa muncul di kolom komentar. Maksudnya adalah saat ada orang yang ingin melihat video asli tanpa diedit sama sekali, ntah itu memang karena penasaran atau dia ingin menambahkan video tersebut di videonya.

Saya ingin memberikan dua contoh :

1. Ada sebuah video rekaman anak kecil bertengkar yang sudah ditambahkan musik lain. Lalu ada yang berkomentar, "mau lihat mentahannya donk". Berarti orang tersebut ingin video ini diunggah lagi tanpa ditambahkan musik karena ingin mendengarkan suara si anak kecil dengan jelas.

2.Contoh kedua, saya ambil dari VT saya sendiri. Saya mengedit video yang merupakan potongan behind the scene syuting salah satu adegan drama 18 Again.  Di mana ada Wi Hajoon dan Lee Dohyun yang sedang pemanasan sebelum pamer abs. Persis ketika mereka melepaskan baju, saya menambahan video Jungkook dan Taehyung yang terlihat seperti mengingatkan penonton untuk tidak kepo.

VT saya yang paling viral ini mendapat komentar "kak bagi mentahan Taehyung donk". Sayapun berbaik hati membalas komentar tersebut dengan langsung mengupload video Taehyung saja yang berkata "ARMY Dosa" (btw ini missheard yah)

Ini video, yuk ditengok :)


10. Jadiin Sound


Di Tiktok ada yang namanya musik atau sound yang sedang terkenal. Saat kamu menggunakan musik atau sound yang terkenal tersebut, VT kamu memiliki peluang besar untuk masuk fyp.

Oleh karena itu, yang sudah ahli membuat video di Tiktok pasti akan menggunakan sound terkenal walaupun video asli mereka sudah memiliki sound sendiri dengan trik mengecilkan volume sound viral yang dipilih supaya sound asli tetap terdengar.

Terkadang untuk video yang sound aslinya lucu, banyak yang minta di kolom komentar "kak, jadiin sound donk". Sehingga creator akan mengunggah ulang video dengan sound asli. Setelah itu, orang lain dapat menggunakan sound itu untuk membuat parodi atau semacamnya.

Masih bingung?

Ilustrasinya seperti ini. Misalnya seorang creator biasa (belum terkenal) membuat video dengan suara asli dia sendiri. Karena ingin video tersebut masuk fyp, saat upload di Tiktok, dia memilih lagu BTS - "Butter" yang sedang trending.

Walaupun demikian, dia menurunkan volume lagu "Butter" sehingga saat video muncul di Tiktok tetap terdengar suara asli dengan jelas.

Ternyata video tersebut disukai banyak orang karena narasinya yang sangat relate atau lucu hingga banyak yang berkomentar "jadiin sound donk kak".

Setelah ada permintaan tersebut, sang creator mengunggah uang video tanpa menggunakan lagu "Butter" supaya sound asli bisa digunakan ulang oleh creator lain.

Kalau masih bingung, bisa langsung dicoba di Tiktok, heheh.

----

Demikian 10 istilah dan singkatan yang sering ditemukan di Tiktok. Semoga membantu bagi kamu-kamu yang baru kenal Tiktok sehingga mudah paham dengan kondisi di Tiktok.



You May Also Like

28 Comments

  1. Creator, POV, spill, dan mau mentahan ini nggak asing buat aku karena dipake di twitter juga dan kehidupan sehari-hari. Yang lainnya baru banget buat aku mba Dila hahahahaha. Makasih, jadi paham deh sekarang. Biar nggak roaming kalau ngobrol sama ponakan. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomong-ngomong Twitter, kok aku jadi terinspirasi bikin list singkatan dan istilah di Twitter yah. Makasih Endah, secara ga langsung ngasih ide.

      Ya ampun,,, berarti ponakan kamu lebih melek Tiktok yah,,wkwkwk

      Delete
  2. Wkwkwkwkw baru-baru ini dapat obrolan dari istri soal tiktok. Dia jelasin soal FYP, pertama bingung aku kira seperti post terpopuler, ternyata hampir mirip dan muncul di beranda kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, fyp konsepnya cukup unik bukan semata-mata post paling populer

      Delete
  3. uwow banyak juga istilahnya ya, saya punya akun tiktok untuk upload job aja tapi gak serius ngulik atau tiap hari buka. gak doneload aplikasinya juga tapi buka di situs, hehehe. sebagai penggermar army saya gak kepo sama tiktoknya, karena di reels kadang ada di yotube apalahi. tapi kalau di tiktok lebih update kali ya, hehehe. baru tahu loh saya arti POV karena di arsitektur juga ada istilah POV tapi dalam desain, hehehe. btw salam kenal sesama suka kpop yaa, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kak sebagai pecinta KPOP. iya nih, bikin Tiktok gara-gara BTS, tapi setelah itu malah si BTSnya enggak begitu update.

      Wah, saya jarang buka tiktok dari situs, tampilannya beda yah kalau enggak salah.

      Ternyata POV juga ada makna lain yah, di bidang arsitektur.

      Delete
  4. Aku masih awam banget tentang Tiktok dan baru mengenal beberapa istilah seperti FYP dan Spill itu dari tiktok wkwkwk.

    Selebihnya aku baru tau sekarang. Karena memang gak begitu aktif di Tiktok, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga nanti jadi aktif di Tiktok yah Natih, hehe

      Delete
  5. Makasih sharingnya.. Buat pengetahuan saya .Saya jg pikir seru Tiktok utk interest memasak saya. Video nya lbh singkat dr YT jadi ga kelamaan nonton video resep. Tapi sy uninstall lg Tiktok karena cepet hang hape saya makan banyk memori ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sekarang saya juga jadi suka lihat tutorial masak di Tiktok. Berarti harus ganti HP kak.

      Delete
  6. Suka scroll juga sih di tiktok meski pas bagian nomor 7-10 kurang engeh. Kalau yang lain suka engeh, soalnya suka lihat² juga komentar yang lain kayak apa tentang videonya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik, sekarang jadi paham karena baca artikel di sini kan kak, hehe

      Delete
  7. Wah bermanfaat banget nih infonya buat saya yang gak main di Tiktok. Pernah sih unduh di ponsel, tapi gegara memorinya gak kuat terpaksa deh dihapus. Orang-orang yang main di Tiktok kreatif-kreatif yaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, banyak yang kreatif. Karena skil dasarnya harus bisa edit video.

      Delete
  8. wahh keren nih
    anak tiktok ya mbak
    aku kadibtahu nih singkatan singkatan di tik tok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terpaksa terbawa keadaan, jadi anak tiktok deh.

      Delete
  9. aku baru tahun ini install tiktok tapi gak register hehehe. Cuma untuk cari inspirasi aja kalo lagi gak bisa tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, banyak inspirai di Tiktok. Kadang jadi suka lupa waktu

      Delete
  10. hahhahha iya pasti deh 10 kosa kata itu suka seliweran di tiktok, dan aku baru tau kalo IB tuh Inspired by ahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, wajib tau 10 kosa kata di atas, kalau pengen lebih paham tiktok.

      Delete
  11. Hihi, "ARMY Dosa"
    VT nya keren mbak.
    Btw baru tahu istilah-istilah di tiktok.
    Makasih sharingnya mbak. Mayan buat komunikasi sok paham si Emak ini dengan anak bujang nantinya,hehe.

    ReplyDelete
  12. Aku pribadi bukan pengguna aplikasi yang satu ini. Soalnya gak diizinkan anak-anak untuk mendownload tiktok. but, makasih banyak atas informasinya. bermanfaat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kebanyakan aplikasi medsos yah kak. Tapi perlu dicurigai kenapa anak-anak melarang, mungkin karena mereka pengen bebas pakai tiktok tanpa diketahui mamanya, hehe *kompor.

      Delete
  13. aku tahunya cuma fyp nih. hihi. jarang banget buka tiktok soalnya tiap buka lah kok yang muncul video tak senonoh akhirnya nggak kubuka lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada triknya kak. Kalau ada video yang tak kita sukai, langsung skip aja. Nanti lama-lama akan kesaring video-video yang sesuai keinginan kita.

      Delete
  14. jujur aku g mainan tiktok sih sebenarnya tapi aku tak menutup mata bahwa tiktok adalah ladang kebaikannya juga banyak skrg, pikiran kita mirip mbak dulu aku pikir juga gtu joget2 aja eh skrg ternyata banyak konten edukatifnya

    wah aku jadi tahu ternyata kata spill ini diawali dr tiktok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dulu juga mikirnya aplikasi alay. Eh, ternyata sekarang banyak influencer yang berbagi ilmu di Tiktok.

      Delete