Singkatan Bahasa Inggris yang Harus Diketahui K-Popers

by - April 26, 2021

bersamakpop.my.id

Hai semuanya,

Artikel ini sebenarnya sudah dipost di blog pertama saya. Waktu itu saya tiba-tiba terinspirasi untuk menulis sesuatu yang berkaitan dengan K-Wave atau K-Pop karena melihat mulai banyak orang yang suka ataupun sekedar tau tentang K-POP.

Bagi yang baru masuk di dunia K-pop, pasti masih bingung sama istilah yang kadang muncul di video-video mereka ataupun istilah yang sering digunakan di platform berita di media sosial. Untuk itu sebagai K-Poper lama (atau tua), saya ingin berbagi wawasan dengan teman-teman lainnya.

Nah karena sekarang saya sudah punya blog khusus K-pop maka saya ingin memindahkannya ke sini.

Kalau berbicara tentang istilah K-Pop, tentu banyak sekali dan beragam mulai dari istilah dalam bahasa Korea itu sendiri, bahasa Inggris hingga bahasa Indonesia. Sekarang saya akan spesifik pada singkatan bahasa Inggris yang sering digunakan di dunia K-Pop namun jarang digunakan di negara barat.

Singkatan Bahasa Inggris dalam K-POP yang harus diketahui K-Popers


1. MV


MV adalah singkatan dari Music Video, yang mana di Indonesia dikenal dengan istilah video klip. Istilah MV paling sering digunakan oleh penyanyi di Korea Selatan. Sementara di Amerika atau Inggris lebih menggunakan istilah Official Video atau Music Video (tanpa disingkat). Coba deh searching di Youtube, penyanyi atau band Amerika tak menuliskan “MV” di setiap video lagu yang mereka unggah.

Berikut perbandingan video TOMORROW X TOGETHER dan Taylor Swift yang saya search di Youtube.


2. FMV


Masih ada kaitan dengan MV di atas, FMV memiliki kepanjangan Fan-made Music Video. Kadang fans suka membuat mengedit video-video yang ada lalu menambahkan lagu idola favoritnya. Apalagi untuk lagu-lagu yang tak ada official music videonya. Saya pertama kali mendengar istilah ini di dunia K-Pop, saat mencari MV sebuah lagu, ternyata hanya FMV. Tapi kadang saking bagusnya editan fans banyak orang yang salah mengira kalau itu adalah MV.

3. CF


CF adalah Commercial Film. Dulu saya bingung dengan istilah CF, ternyata itu adalah iklan. Setelah saya cari tau, istilah ini lebih sering digunakan di Korea Selatan, sementara di dunia barat biasa menggunakan istilah Ads atau Advertising.

4. NG


Adakah yang pernah mendengat istilah ini? Kata ini biasa muncul di behind the scene atau di acara-acara TV. Kepanjangannya adalah “No Good” yang biasa disebutkan saat menghentikan adegan saat syuting. Padahal kalau di Indonesia dan dunia Hollywood sana biasa menggunakan kata “cut” saat syuting. Di Korea malah sering menyebutkan NG! seperti artinya yaitu “tidak bagus”, istilah ini kerap digunakan saat ada kesalahan atau sutradara merasa tak puas saat syuting.

Contoh video behind the scene - NG cut dari TXT yang saya terjemahkan di channel Youtube saya (ChocodillaTV)


5. SNS


SNS memiliki kepanjangan Social Network Service. Ini juga terlihat seperti istilah Inggris namun ini hanya sering disebut oleh netizen Korea. SNS merujuk pada semua platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dll. Istilah SNS sering disebutkan di drama/film Korea bahkan juga dalam lirik lagu. Kalau kita atau orang Amerika biasa menyebut social media, tapi orang Korea lebih suka menyebutnya SNS.

6. SELCA


Selca adalah “Self Camera” yang berarti memoto diri sendiri. Istilah inipun juga sepertinya hanya digunakan oleh kalangan masyarakat Korea. Karena selama ini kita maupun negera barat sana lebih familiar dengan kata “Selfie”. Sayapun pertama kali mendengar kata selca dari drama maupun penyanyi Korea.
 
Berikut contoh penggunaan istilah selca dan juga SNS. 


Di atas adalah cuplikan dari program live yang ada di ARIRANG TV. Nama program adalah After School Club dan saat itu BTS diundang sebagai bintang tamu. Ada adegan saat BTS ditanya selfie Jimin yang mereka ingin lihat di SNS. Saat itu mereka biasa menggunakan Twitter, tapi host lebih cenderung menyebutnya SNS. Dan ternyata Jimin tak mengerti apa maksud dari selfie, karena yang dia tau hanyalah selca.

7. PD / PDnim


PD singkatan dari Producer (ada juga yang bilang Program Director). Sementara "nim" adalah imbuhan yang selalu mengiringi panggilan orang/profesi yang kita hormati. Istilah ini juga sering terdengar seperti bawahan yang memanggil bosnya, seperti BTS memanggil Bang Shin Hyuk (CEO BigHit Music) dengan "Bang PDnim". Kadang juga di tv show seperti Running Man, mereka juga memanggil PDnim pada Program Directornya.

---

Sekian penjelasan tentang singkatan bahasa Inggris yang sering digunakan di dunia K-Pop namun jarang digunakan di negara barat. Semoga para newbie tak kehilangan arah lagi saat menemukan istilah-istilah tersebut. 

Oh iya, seperti yang saya jelasin di awal postingan. Ada banyak istilah khas dalam K-Pop tapi saya mau jelasin 7 itu dulu. Nanti disambung dipostingan selanjutnya. Mungkin dari pembaca ingin menambahkan atau ada yang mau mengoreksi, silakan~

Terima kasih

이상-
딜라--

You May Also Like

2 Comments

  1. Jadi inget waktu awal-awal masuk K-Pop dulu, rasanyaaaa roaming sama istilah-istilah di atas wkwkwk. Kalau sekarang sih ngeletek ya. xD OMG BTS ke After School itu pas era apa? :) Aku tuh inget mba pas BTS masih belum gede, masih nugu gitu, mereka tampil di acara When Boss is watching barengan sama Seventeen yang masih baru debut. Terus mereka kan juga sering ikutan ISAC ya, kayak...merinding gitu sekarang mereka gede banget. Soalnya kalau aku lihat-lihat ya program-program kayak ISAC sama AFC tuh buat yang masih nugu-nugu, start-nya dari sana. Kayak...WOW BANGET kalo dilihat di masa sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget~~`, dan korea itu suka banget pake singkatan2.
      BTS itu udah 3 kali ke After School Club, pokoknya era yang awal2.

      Endah, aku iri sama kamu yang udah lihat BTS sejak jaman nugu (?).. wkwk. Aku baru tau BTS akhir 2017 jadi sedih, ibarat kehilangan momen2 tumbuh kembang anak, taunya udah dewasa aja.
      Tapi klo lihat lagu debut mereka, kayaknya aku juga ga otomatis suka deh, soalnya masih keras bgt musiknya.

      Ya, sekarang merinding lihat mereka gede banget. Sekarang kalau ada yg ultah, yang nyelamatin di twitter itu dari brand2 luar dan artis2 barat semua. Sebagai org yang sudah suka kpop di tahun 2008, hal yang seperti itu kayak mustahil gitu.

      Btw makasih yah endah, yang selalu komentar di postingan aku baik di blog ini maupun blog satunya lagi, jadi terharu.

      Delete