K-Popers, Gadget & Technology

by - May 21, 2021


Hai Chingudeul~

Bagaimana kabarnya setelah menonton Kingdom : Legendary War?
Jantung masih aman kan? Hehe..
 
By the way, ngerasa enggak sih, kalau kita para K-Popers ini adalah termasuk golongan yang cukup melek dengan gadget dan teknologi? Bukan masalah kepedean yah, tapi melihat fakta di lapangan banyak teman-teman yang menjadi ahli di dalam hal yang berkaitan dengan teknologi karena pengaruh positif dari dunia per-K-Pop-an. Padahal kalau diperhatikan lebih jauh, mayoritas K-Popers adalah dari kalangan perempuan, mulai dari remaja hingga wanita dewasa. Tapi kok bisa yah sangat update dan lihai dengan teknologi?
 
Lalu akan muncul pertanyaan, 
Memangnya apa sih bentuk dari melek akan gadget dan teknologi itu?
 
Jawabannya cukup banyak, oleh karena itu pada postingan kali ini saya ingin coba merangkum beberapa keahlian para fans K-Pop di bidang teknologi khususnya terkait video.
 

Ahli Membuat Subtitle

Seperti yang diketahui, K-Pop adalah singkatan dari Korean Pop yang berarti penyanyinya adalah orang Korea. Walaupun ada yang bukan orang Korea, namun tetap saja mereka bernyanyi dan berbicara dalam bahasa Korea. Dengan begini masalah terbesar yang dialami oleh fans saat menonton konten dari idola favorit adalah perbedaan bahasa. Untuk itu yang bisa membantu adalah subtitle alias terjemahan yang ditambahkan pada video.
 
Namun tidak semuanya video dilengkapi dengan subtitle, khususnya beberapa tahun yang lalu atau pada masa Idol Generasi ke2 . Fans yang sudah suka K-Pop sejak tahun 2008 pasti merasakan kesulitan menonton tanpa subtitle.
 
Dibalik kesulitan itu, untungnya ada saja fans yang berbaik hati membagikan video yang telah ditambahkan dengan subtitle. Untuk membuat subtitle, seseorang harus ahli bahasa Korea (tentunya) dan ahli menggunakan aplikasi subtitle maker.
 
Membuat subtitle sangat sulit karena saya pribadi telah pernah mencobanya. Ketika pertama kali bertemu dengan subtitle maker yang bernama Aegisubs, saya benar-benar blank. Karena saat itu saya berambisi membuat subtitle bahasa Indonesia untuk video BTS (catatan : saat itu hingga tahun 2018, channel BangtanTV tidak menyediakan subtitle sama sekali) akhirnya saya belajar secara otodidak. Guru saya adalah blog ataupun portal di internet yang memberikan tutorial, tips dan trik menggunakan Aegisubs.
 
Walaupun sudah bisa menggunakan aplikasi subtitle maker, ternyata pengerjaannya sangatlah lama. Apalagi kalau ingin membuat terjemahan atau caption yang bagus, misalnya memilih font dan warna yang berbeda-beda, mengatur ukuran font dan juga menentukan posisi tulisan. Pengalaman saya, video yang berdurasi 5 menit, pengerjaannya bisa dua jam atau lebih tergantung banyaknya percakapan yang harus diterjemahkan.

Untuk itu, saya merasa takjub melihat fans yang sudah terbiasa menerjemahkan video dengan durasi panjang. Mereka benar-benar ahli menggunakan perangkat teknologi.


Ahli Membuat Karaoke Video / Color Coded Lyric Video

K-Popers pasti sudah tidak asing dengan color coded lyric video. Yaitu semacam video karaoke yang menampilkan lirik dalam huruf Korea (hangeul), romanisasi dan terjemahan. Selain itu juga menampilkan foto para member dan membedakan warna lirik berdasarkan member. Dengan demikian fans suka menonton color coded lyric video di Youtube untuk mengetahui makna lagu ataupun untuk ikut menyanyikan lagu yang disukai.
 
Pertama kali melihat color coded lyric video, saya penasaran tentang bagaimana cara membuatnya. Awalnya saya mengira video itu dibuat menggunakan aplikasi movie maker seperti Adobe Premiere Pro saja. Namun setelah googling tutorialnya di internet ternyata tidak semudah itu. Ada beberapa aplikasi yang digunakan yaitu Ms. Power Point, Photoscape dan Adobe Premiere Pro.
 
Saya yang memiliki jiwa penasaran tinggi, akhirnya nekat mencoba membuat color coded lyric video sendiri. Awalnya cukup sulit dan pengerjaan membutuhkan waktu lama. Tapi setelah mencoba membuat beberapa kali, saya mulai terbiasa dan bisa membuat dengan cepat.
 
Kepada fans yang pertama kali mempunya ide ini, saya mau sungkem. Kenapa anda pintar sekali dalam menggunakan aplikasi di laptop/PC untuk membuat video karaoke seperti ini. Dan yang paling tak disangka-sangka adalah penggunaan Ms. Power Point.

Contoh Color Coded Lyric Video yang saya buat ^^


Ahli Membuat Tutorial

Selama suka K-Pop, saya merasakan sekali ada banyak aplikasi, perangkat, website ataupun games yang sebaiknya harus dipahami untuk bisa tetap keep and touch dengan para idola favorit.

Mayoritas aplikasi baik itu aplikasi untuk steaming video, untuk komunikasi dengan artis, aplikasi untuk memberikan voting, aplikasi untuk mengendalikan lightstick hingga aplikasi untuk berbelanja official merchandise, semuanya menggunakan bahasa Inggris. Lebih parahnya lagi, ada yang hanya menggunakan bahasa Korea.
 
Tentu bagi fans yang baru bergabung akan kebingungan menggunakan aplikasi tersebut. Dan lagi lagi ada beberapa fans yang berbaik hati membuatkan tutorial baik dalam bentuk tulisan di blog maupun tutorial video di Youtube.

Mereka yang suka membuat tutorial adalah orang-orang yang pintar, karena membuat tutorial tidaklah mudah apalagi yang membuat tutorial video. Yang pertama dia harus ahli dulu dalam menggunakan aplikasi yang akan dijelaskan. Kedua, dia ahli dalam mengoperasikan aplikasi untuk membuat video.
 

Ahli Mengedit Video

Sebenarnya poin-poin di atas sudah banyak menyebutkan tentang keahlian dalam mengedit video. Namun kali ini saya ingin memberikan contoh dengan hasil yang berbeda.

Apakah ada yang sering menonton video lucu editan fans di Youtube? Seperti “funny moments”, “savage moments”, “idol versus fans” dan video kompilasi lucu lainnya? Saya adalah salah satu K-Popers yang menikmati hasil karya fans yang seperti itu. 

Kualitasnya memang beragam, ada yang sekedar memotong dan menyambung beberapa video, ada juga yang paling niat seperti menambahkan efek-efek suara, memberikan filter, menambahkan caption yang semakin membuat lucu.
 
Membuat video semacam “funny moments” adalah hal yang tidak gampang. Pertama-tama, tentu fans harus mencari bahan video terlebih dahulu, setelah itu menggunduhnya, lalu mengeditnya di aplikasi video maker/video editor. Jika mereka ingin menambahkan efek suara atau menyelipkan video meme, tentu harus dicari terlebih dahulu.

Salah satu video editan penggemar yang saya sukai.
 

Selain itu, saya juga suka melihat video editan fans yang berjudul “Things you didn’t notice in BTS Idol dance practice”, yaitu semacam analisa detail dari gerakan atau ekspresi wajah saat idol melakukan latihan dance sebuah lagu. Video ini juga sangat lucu, karena fans bisa menampilkan hal-hal lucu ataupun hal yang keren dari masing-masing member saat mereka menari. 

Yang membuat saya takjub, padahal video aslinya terlihat normal dan cenderung memukau. Tapi kalau penggemar bermata elang sudah turun tangan membuat video “Things you didn’t notice in xxx dance practice”, ada saja momen yang membuat kita tertawa.
 
Selain video lucu, ada banyak lagi tema video editan yang sering dibuat oleh para penggemar. Seperti video yang mengandung bawang (baca : sedih), video pengenalan terhadap sebuah grup, video rangkuman prestasi grup, video yang menampilkan bakat sang idola dan lain-lain.

Saya ingin mengaris bawahi lagi bahwa mengedit video adalah hal yang sulit. Harus punya kemampuan dalam menggunakan gadget baik itu laptop/PC maupun HP dan aplikasi untuk mengedit video. Walaupun sudah ada aplikasi yang membantu, terkadang aplikasi itu sendiri masih sulit dipahami.


Sebagai orang yang suka menonton berbagai video kreatif yang dibuat oleh fans lainnya, terkadang saya latah dan ingin mencoba membuatnya sendiri. Dari poin-poin yang saya sebutkan di atas, yang pernah saya buat adalah membuat subtitle, membuat color coded video dan membuat tutorial. Ada ambisi untuk membuat video lucu tapi masih belum terealisasi. hehe...

***

Bagaimana, penjelasan saya di atas membuktikan bahwa K-Popers sangat melek dengan gadget dan teknologi kan?

Tentu siapa saja bisa membuat video kreatif seperti itu. Syaratnya harus punya gadget yang mumpuni dulu, misalkan laptop. Laptop juga tidak bisa sembarangan, kalau bisa, carilah laptop yang spesifikasi bisa menunjang aktifitas video editing. Supaya tidak salah beli laptop, sebaiknya cari tau dulu informasi di internet.

Sumber gambar : www.morning.computer

Saya mempunyai rekomendai portal berita tentang gadget dan teknologi yaitu www.morning.computer yang dapat membantu teman-teman dalam memilih laptop. Tidak hanya itu portal ini juga membahas tentang gadget seperti HP (Android dan IOS), memberikan rekomendasi, tips dan trik apapun terkait gadget dan teknologi, serta terdapat pembahasan tentang games dan kamera.
 
Setelah itu, barulah mencari tau aplikasi video editing yang disukai atau yang dianggap mudah lalu mempelajari tutorial atau cara penggunaannya. Banyak berlatih, nanti lama-lama akan semakin ahli dalam mengedit video.

Sekian artikel saya tentang K-Popers, Gadget dan Teknologi, semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca.

Gomawo chingudeul~
Annyeong~

딜라--

You May Also Like

17 Comments

  1. Sebagai penikmat entertainment dari para k-popers emang bener banget hasil editan videonya pada mantul mantul. Pada melek gadget dan teknologi, jadi ngga asal bikin editan videonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang katanya K-Popers kebanyakan anak muda dan wanita, ternyata pada melek teknologi yah kak. Ya, kalau masalah edit video, walau terkesan bucin, tapi hasilnya keren-keren.

      Delete
  2. Aku juga tergolong Kpopers kali ya. Suka sama lagu jadulnya para idol. Sama suka NCT dan RV juga, hehe. Awal jadi kpopers memang suka edit-edit foto atau video gitu. Tapi dulu aplikasi enggak sebanyak sekarang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lagu jadul siapa aja tuh kak? Jadi inget, saya dulu juga suka edit-edit foto sama idol Kpop. Ya Allah,, bucin banget dulu. wkwk

      Delete
  3. Soal ngedit video yang saya pernah saya coba itu bikin MV Reaction, itu pun cuma sekali-kalinya. Karena gabut aja, kebetulan waktu itu ada video baru dari Twice, saya ajak temen yg bukan Kpoper buat nonton, saya bagian yg ngejelesin beragam istilah perkepopannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana pengalamannya bikin MV reaction kak? saya udah beberapa kali coba, lumayan susah. Apalagi kalau mau dibikin lucu atau nambahin caption, makin ribet.

      Wah, keren banget bagian ngejelasin istilah perkepopan....

      Delete
  4. Jiwa seni yang berpadu padan dengan kreatifitas serta imajinasi yang melompat-lompat ini memang luar biasa.

    Apalagi sekarang dimanjakan dengan semakin kaya fitur aneka aplikasi video editor. Durasi beberapa detik saja, bisa berkesan sampai beberapa lama kalau hasilnya ciamik.

    Saya sendiri masih bertahan pakai videopad, lebih mudah digunakan untuk seusia saya, wkwkw.

    ReplyDelete
  5. Hahaha. Kalau dipikir-pikir memang iya juga ya. Berarti menjadi seorang K-Popers berdampak bagus ke kualitas dan kemampuan diri seseorang dong? Gak hanya sekadar melek teknologi, tapi malah bisa jadi upgrade pundi-pundi Rupiah juga tuh. :D

    ReplyDelete
  6. wah bisa ada keahlian gitu ya, menjadi kpoper ginian pastinya bukan kaleng-kaleng. Dan saya gak kepikiran sampai ke sini hehe..

    ReplyDelete
  7. Dari kesukaan jadi berbuah keahlian ya Kak. Dan emang keren sih menurutku cara korea pelan-pelan mengenalkan banyak hal tentang negara mereka pada dunia luar. Termasuk Indonesia. Dan jadi deh kita suka korea termasuk aku suka drakornya hahaha. Lagu lagunya juga suka apalagi IU hee. Dari kesukaan itu jadi banyak yang jadinya mendalami dan belajar seperti yang di atas

    ReplyDelete
  8. Positifnya dari fans ini belajar bahasa karena memang menyukai idolanya jadi motivasi belajar bahasanya tinggi 🤭

    ReplyDelete
  9. penggemar kpop itu kreatif ya, seperti video kompilasi best funny atau sad itu sampai di edit jaid cantik, terniat banget emang. saya sendiri penyuka kpop tapi gak sampai pengen bikin video kompilasi sih, hehe

    ReplyDelete
  10. Ini mah K-Popers level dewa, sudah berada di level yang berbeda. Tapi memang ada keseruan tersendiri ketika kita melakukan hal-hal yang menarik terkait idola kita. Dan itu hanya kita yang bisa rasakan kesenangannya.

    Teringat dulu suka bikin-bikin video dengan background artis Idola saya inisial AS. Senyum-senyum sendiri, bucin yang bermanfaat hehe.

    ReplyDelete
  11. Selama ini gak aware klo nonton video buatan fans kyk di atas, perlu skill tertentu ya. Perlu effort jg. Btw kalo aku lbh ke KDrama person, mbak Dila :D

    ReplyDelete
  12. Luar biasa sisi positifnya ya, Kak. Jadi nggak harus dilihat dari sisi negatifnya juga, apapun itu. Meskipun aku bukan termasuk penikmat Kpop maupun drakor, tapi salut juga sama fans yang bisa menjadi kreatif dan melek teknologi jadi nggak hanya sekadar sebagai penikmat doang.

    ReplyDelete
  13. Paling salut sih sama yang bisa ngedit sub title durasi film yang panjang kaay 30 menit sampe satu jam. Ngedit 5 menit aja buat yg masih pemula, capeknya minta ampun ya ka 🤭

    ReplyDelete
  14. Anakku hobi banget edit video awalnya dari suka kpop. Sampai dia rajin ditugasin sama guru dan kelompok buat edit video tugas sekolah ataupun lomba

    ReplyDelete