My Unpopular K-Pop Opinions

by - May 18, 2021

bersamakpop.my.id

Hai chingu~

Sudah lama juga tak update di blog ini, jadi bingung bagaimana menulis kata pembukaan yang bagus hehe.

Mari kita langsung saja!! Seperti judul yang tertera, kali ini saya ingin membahas tentang My Unpopular K-Pop Opinions.

Mungkin sudah banyak yang tau atau sering mendengar istilah unpopular opinions yang mana kalau diterjemahkan berarti "pendapat yang tidak populer". Beberapa kali saya menemukan pembahasan tentang hal ini di media sosial seperti Twitter dan TikTok khususnya Unpopular Opinions mengenai K-Pop. Dimana fans berusaha menyampaikan opini jujur baik tentang K-Pop secara general maupun idol secara spesifik.

Biasanya dari statement tersebut ada penggemar yang setuju dan tidak setuju. Berdasarkan pengamatan saya, unpopular opinion itu seperti fakta namun masih belum diakui oleh fans lainnya. Namanya juga manusia apalagi penggemar, terkadang ada yang membuat unpopular opinions ini cenderung membanggakan biasnya saja.

Nah, sekarang saya juga ingin menuliskan opini tentang K-Pop dan berusaha untuk netral.




My Unpopular K-Pop Opinions



1. Semua Idol Berbakat! Kesuksesan Sangat Dipengaruhi Oleh Agensi


Sudah menjadi rahasia umum bahwa grup yang debut dari agensi besar seperti Big 3 (SM, JYP dan YG) akan mudah mendapatkan popularitas dan kesuksesan. Ini tentu saja terjadi karena si agensi sudah sangat berpengalaman dalam pembuatan boyband/girlband yang disukai oleh penggemar.

Sebenarnya agensi di sini tidak melulu agensi besar, karena saya ingin mengambil sample yang paling jelas yaitu BTS dan BigHit. Dulu BigHit hanyalah agensi kecil tapi berhasil membuat BTS yang sangat sukses. Bighit pun juga sukses berkembang bahkan melebihi Big 3.

Jadi, menurut saya sebuah grup akan sukses jika berada di agensi yang profesional, apakah agensi yang memang sudah besar ataupun masih merintis.

Setelah saya menjadi mulfan (multi fandom) alias suka banyak grup, saya merasakan sekali sebenarnya banyak bibit-bibit unggul namun kurang beruntung karena kurangnya skill agensi untuk meng"create" mereka.

Ada sebuah grup dari agensi kecil yang menurut saya memiliki kemungkinan untuk sangat sukses yaitu ATEEZ dari KQ Entertaiment. Mereka punya dua orang rapper yang bisa menulis rapnya sendiri, ada vokalis yang bisa bernyanyi hingga nada tinggi, serta memiliki member yang sangat ahli dance. Lagu-lagu mereka juga enak-enak. Yang belum tau, silakan kepoin ATEEZ, hehe.

My Unpopular K-Pop Opinions
ATEEZ


2. Tomorrow X Together (TXT) Memang Adiknya BTS


Banyak MOA (fans TXT) yang tidak suka jika seseorang atau sebuah artikel menyebutkan tentang Tomorrow X Together lalu menambahkan embel-embel "adiknya BTS", karena mereka khawatir TXT dianggap mendongkrak karir dari kesuksesan BTS.

Opini saya, adalah hal yang wajar jika sebuah grup baru menjadi mudah terkenal karena ternyata dia adalah junior langsung dari sebuah grup besar. Bisa dibilang semacam privilage. Apalagi sang senior juga bangga memperkenalkan juniornya. Ingat sekali pada acara penganugerahan akhir tahun 2018, Jin bilang kalau tahun depan junior mereka akan debut, dan meminta dukungan.

Mungkin di awal-awal, mereka dipanggil dengan adiknya BTS, namun selanjutnya mereka ditantang apakah bisa membuktikan diri untuk bisa besar atau lebih berprestasi dengan nama sendiri.

Sejujurnya sebagai ARMY, awalnya saya mengira Tomorrow X Together akan memiliki tipe musik yang sama dengan BTS. Namun setelah mendengarkan lagu-lagu mereka, terasa sekali kalau Tomorrow X Together punya karakter sendiri. Saya yakin, Tomorrow X Together akan sukses dengan bakat dan nama mereka sendiri.


BIGHIT FAMILY
BIGHIT FAMILY : Lee Hyun, BTS & Tomorrow X Together


3. Girlband Tetap Cantik Dengan Pakaian Tertutup


Ini bukan karena alasan agama atau budaya, tapi saya kasihan melihat girlband harus menari di atas panggung dengan pakaian sangat terbuka tertutama di musim dingin. Mungkin fans di negara Indonesia tidak bisa merasakan langsung namun ketahuilah bahwa temperatur saat musim dingin di Korea sangatlah dingin. Jangankan musim dingin, saat musim gugur saja sudah dingin.

Terkadang ingin menulis surat terbuka untuk para stylist, tolonglah berikan baju tertutup untuk para member girlband di saat musim dingin. Saat acara akhir tahun, kita bisa melihat betapa kontrasnya boyband dan girlband. Boyband yang mana isinya laki-laki tapi bajunya sangat tertutup dan berlapis. Sementara girlgroup dengan pakaian terbuka harus menenteng selimut kecil ke tempat duduk mereka.

Berikut foto Blackpink saat tampil di Melon Music Award 2018 yang berlangsung pada awal bulan Desember yang berarti memasukin musim dingin.

My Unpopular K-Pop Opinions
Foto dari Koreaboo


Ini salah satu foto dari Gfriend yang menurut saya outfitnya cukup tertutup. Tetap cantik kan?


My Unpopular K-Pop Opinions




4. Jujurly, Fans Ingin Melihat Idolnya Berpacaran


Biasanya fans sering menyebut biasnya sebagai pacar atau suami dan terlihat seperti posesif atau halu wkwkw. Tapi sejujurnya fans sangat ingin melihat biasnya berpacaran, tell me I'm not alone.

Layaknya orang yang sedang menonton drama Korea, pasti kita ingin melihat pemeran utama jatuh cinta dan berbahagia dengan pasangannya. Begitu juga K-Pop fans yang sesungguhnya, pasti ingin melihat biasnya berbunga-bunga dan menunjukkan kebahagiaan kepada fans. Jika bias senang, maka fans juga akan senang.

Salah satu pasangan idol yaitu Kai dan Krystal, namun sayangnya sudah putus.

My Unpopular K-Pop Opinions
Kai EXO & Krystal F(X)


5. Stop Asking Who Is The Best Visual!


Walau sudah menjadi pertanyaan wajib di setiap wawancara atau acara di TV Korea, tapi saya merasa pertanyaan ini perlu dihilangkan. Mohon maaf, mereka semua sudah tampan/cantik jadi enggak perlu lagi ditanyakan.

Menurut saya pertanyaan ini efeknya ada dua. Efek pertama, misal si A dianggap sebagai paling tampan di dalam grupnya, maka ada kemungkinan membuat member lain insecure. Efek kedua, si A malah merasa keahlian dia dalam bernyanyi/menari tidak diapresiasi dan orang-orang hanya menganggap dia sebagai "modal tampang" saja.

Saya jadi ingat Younghoon yang terkenal sebagai main visual dari grup The Boyz, pernah ikut acara King of Masked Singer, semacam kompetisi bernyanyi dimana peserta menggunakan topeng sehingga penonton dan juri hanya bisa menilai berdasarkan suara/keahlian bernyanyi.

Younghoon mengatakan alasan dia berpartisipasi dalam acara tersebut adalah untuk membuktikan bahwa dirinya juga ahli dalam bernyanyi, karena selama ini orang hanya melihat wajahnya saja.


My Unpopular K-Pop Opinions
Younghoon saat tampil di King of Masked Singer

And here is The BOYZ

My Unpopular K-Pop Opinions
The Boyz



----

Sekian lima opini saya tentang K-Pop. Kira-kira sudah terlihat seperti opini jujur dan berdasarkan fakta enggak? hehe... Mungkin ini bisa dibilang part 1, karena masih ada opini lainnya yang masih terperangkap dalam pikiran saya. ㅋㅋㅋ

딜라---

You May Also Like

4 Comments

  1. Gila itu cakep banget membernya The Boyz🤩🤩 aku gak ngikutin mereka sih, waw cakep banget Younghoon wkwkwkwk langsung siwer.

    Btw EXO dulu juga dipromoin sama Super Junior, wajar banget emang satu agensi dan emang kakak-adik juga istilahnya. Lama-lama nemu sendiri gaya dan fansnya seperti apa.

    Aku kasian mba kalo lihat girl group pakaiannya kebuka pas musim dingin tuh huhu, yang cowok pakaiannya ketutup aja kadang ketangkep kamera gemeteran dingin kan, gimana yang cewek :(((

    Terus yang pacaran itu aku tbh juga pingin grup-grup yang aku stan ketauan pacaran sama siapa wkwkwk. Tapi kadang tuh aku suka gasuka kalau misal pacar mereka itu orangnya nggak aku suka😂😂😂 apaan coba orang cuma fans, mau ngatur anda😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan,, The Boyz itu cakep semua. Aku tau mereka awalnya di tiktok, trus baru nonton penampilan mereka di Road to Kingdom di awal tahun 2021 ini, gilaaaa... mereka keren banget di sana. akhirnya jadi nambah fandom.

      Pas EXO debut, aku lagi hiatus. Jadi enggak tau bagaimana mereka memulai karir dan bentuk tanggapan netizen.

      Iya, kasihan para cewe-cewe, mungkin habis tampil mereka langsung pakai koyo semua. wkwkwk.

      Hei,, kamu kpoper lama, ternyata masih posesif yah. Btw orang yang kamu enggak suka itu kayak siapa? tolong bisikin ke aku..wkwk.

      Delete
  2. Halo, aku tahu blog ini karena kamu komentar di blog Kak Endah. Dan aku suka baca blog ini.

    Aku mau menanggapi pendapat yang fans ingin melihat idolnya berpacaran. Setelah baca bagian itu, aku langsung terpikir kalau itu tergantung usia fansnya. Aku ingat waktu SMA pernah merasa kecewa karena idol yang kusuka berpacaran. Kalau sekarang, terserah mereka saja, asal mereka terus berkarya. Yah, idol berbahagia gak harus karena pasangan. Entahlah, sekarang aku tidak mengikuti idol, sih.

    Gak nyangka akan ada part 2-nya. Ditunggu kalau memang ada dan mau ditulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo stella,
      Senangnya bisa nambah teman di blog. Makasih yah sudah mampir, (makasih juga blognya endah, wkwk)

      Memang sih, tergantung usia dan karakter fans juga. Selain itu katanya fans internasional lebih toleran daripada fans Korea terkait pacaran ini.

      Sejauh suka kpop, kebetulan idol favorit aku belum pernah ada yang ketahuan berpacaran. Jadi aku pribadi masih belum tau reaksi aku sebenarnya jika tau bias aku pacaran. haha.

      Iya, nih.. sengaja enggak ditulis semuanya karena kalau kepanjangan pasti jadi males bacanya. Ok,, nantikan part 2 yah.

      Delete