Cerita Awal Mula Suka KPOP

by - April 15, 2021

bersamakpop.my.id
Hai, 안녕~
Selamat malam semuanya,

Pada postingan kedua di blog ini, saya ingin bercerita tentang awal mula masuk ke dunia KPOP. (Spoiler : saya angkatan tua jadi jangan kaget yah dengan cerita ini).

Sejak MTsN (setara SMP) saya menyukai musik barat khususnya aliran rock alternative. Band yang saya sukai adalah Backstreet Boys, 30 Seconds to Mars, Panic! At The Disco, Paramore, Arctic Monkeys, Coldplay dan lain-lain. Diantara semuanya, band yang paling saya sukai adalah My Chemical Romance. Enggak kebayang kan siswa MTsN sukanya band emo kayak gini, hehe. Sebenarnya saya enggak paham tentang emo-emo-an, yang pasti waktu itu saya suka MCR karena lagu Helena, dan ternyata lagu MCR lainnya juga masuk ke telinga saya.

Hingga sampai kelas 3 SMA atau sekitar akhir tahun 2007, adik saya membawa CD yang dipinjamkan oleh temannya yang berisi MV KPOP dan juga tv show dan dia mengajak saya untuk menonton bersama. Saya ingat sekali, salah satu CD isinya tv show Super Junior yang berjudul Explorers of Human Body (EHB). Saya coba menonton dan sungguh menghibur namun juga menambah wawasan. Dan CD lainnya berisi MV (Music Video) dari beberapa penyanyi seperti Super Junior, TVXQ dan Big Bang. Semuanya amat terasa baru tapi entah kenapa lagunya enak didengar dan ada bagian yang langsung terngiang-ngiang di otak. MVpun juga sangat menarik, mulai dari dance, outfit dan jalan ceritanya. Kalau dilihat dari segi penampilan dan wajah, mereka cukup tampan dan mempesona, mungkin karena sama-sama orang Asia, dan sebelumnya saya juga sudah pernah menonton drama Korea, jadi enggak begitu aneh melihat wajah orang Korea.
TV Show Super Junior - EHB 

Dari MV yang saya tonton, yang paling mencuri perhatian saya adalah TVXQ dengan lagu 'O' - Jung.Ban.Hap karena koreografinya yang keren. Ada sedikit kisah lucu di sini. TVXQ ini adalah boyband yang membuat saya bingung, karena namanya banyak yaitu TVXQ (nama global), Dong Bang Shin Ki/DBSK (nama Korea), Tohoshinki/THSK (nama Jepang) dan belum lagi nama yang ditulis dengan huruf Hangeul dan Kanji. Mereka terdiri dari 5 orang dan nama panggungnya ada dua seperti U-Know Yunho, Xiah Junsu, Max Changmin dll. Dan lebih bingung lagi, ketika saya mencari lirik lagu "O" tadi, anehnya lirik romanisasi yang saya baca dengan apa yang mereka nyanyikan sangat berbeda. Walaupun saya tidak bisa bahasa Korea, tapi setidaknya romanisasi yang saya baca bunyinya mirip-mirip lah dengan yang mereka nyanyikan. Setelah lama bingung, akhirnya saya tau kalau ternyata mereka punya dua versi lagu yaitu versi Korea dan Jepang. Pada kasus saya ini, saya mendengarkan lagu Jepang namun melihat lirik Korea, ya enggak bakalan sama lah yah. Sebagai non-kpopers saat itu, saya merasa dibadutin oleh TVXQ, hehe. 

Berikut MV yang membuat saya suka TVXQ.

東方神起 / "O" -正・反・合



TVXQ / 동방신기 /DBSK / Tohoshinki

Setelah itu, saya makin penasaran dan mulai mencari-cari penyanyi lainnya. Hasilnya saya makin suka KPOP dan favorit saya adalah TVXQ. Fun fact : gara-gara KPOP, saya jadi mengambil jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UI.

Singkat cerita, saya menjadi kpoper dari akhir tahun 2007 dan selalu mengikuti perkembangannya. Boyband favorit saya saat itu TVXQ dan bias saya Mickey Yoochun. Selain itu saya juga suka lagu-lagu Big Bang, Super Junior, 2PM, Infinite, 2NE1, Girls Generation, KARA dll. Selain suka musiknya, saya juga suka nonton TV show mereka, karena acara yang dibuat biasanya unik, lucu dan inspiratif, pokoknya enggak pernah saya temukan saat suka musik barat ataupun musik Indonesia.

Sekitar 2012, saat lulus kuliah dan mulai masuk dunia kerja, saya mulai hiatus dari KPOP. Saya lupa alasan pastinya, tapi yang saya ingat waktu itu cukup kecewa melihat TVXQ sebagai boyband favorit harus pecah karena ada masalah internal. Selain itu juga kecewa melihat 2PM yang awalnya bertujuh jadi berenam karena Jay keluar. Intinya saya merasa sudah tidak ada lagi boyband yang benar-benar saya sukai saat itu. Faktor lain mungkin karena sudah masuk dunia kerja dan mulai sibuk.

Selama hiatus, saya kembali mendengarkan lagu barat dan masih mencari-cari lagu Korea yang menarik. Rata-rata dari OST drama, band indie, penyanyi ballad dan R&B, intinya bukan KPOP (korean pop). Mungkin karena aslinya saya memang suka mendengarkan musik jadi demikian, intinya saya sudah tidak mengikuti perkembangan KPOP dan acaranya.

Oh iya, ada yang menarik di sini. Tahun 2012 saya masuk dunia kerja dan kebetulan ditugaskan ke Korea selama 3 bulan sebanyak 2 kali. Bisa dibayangkan, saya sedang tinggal di Korea namun sudah tidak tertarik dengan KPOP. Mengingat hal itu sekarang jadi gemas sendiri. Seandainya saat itu masih suka KPOP, mungkin saya akan beli album langsung di sana, beli official MD, nonton konser dan hunting tempat-tempat yang pernah dikunjungi oleh boyband favorit saya. Gemas kan? tapi mungkin itu cara tuhan untuk menyelamatkan uang tabungan saya, wkwk.

Sekian kisah singkat awal bagaimana saya suka KPOP. Tentu masih ada kelanjutan cerita, setelah hiatus kapan saya menjadi suka KPOP lagi. Ada yang penasaran? hehe. See you on the next post!



이상-
딜라--


   


 

You May Also Like

2 Comments

  1. PLIS PLIS PLIS LANJUTANNYA MANAAAA🤣🤣🤣 belum-belum udah nagih. Btw mba Dilaaa ya ampun aku dulu suka Max Changmin HAHAHAHAHHA terus oleng ke Yoochun gara-gara lihat dia ikutan salah satu episode EHB. Aku nonton EHB tuh kapan ya, 2012 kayaknya tapi daripada TVXQ aku lebih ngikutinnya Suju🤣🤣🤣 NOSTALGIA SEKALI BACA INIIIHHHH🤣🤣🤣

    Mbaaaaa ya ampun aku jadi curiga lho ini, biasanya emang yang nonfans atau lagi nggak ngefans itu suka dapat kesempatan yang bikin iri fans nggak sih?? WKWKWKWK nggak kebayang misal tinggal di Korea pas lagi suka-sukanya sama kpop, jebol kali ya dompet🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke,, sabar yah, diselingi postingan lain dulu biar makin penasaran. hahaha.
      Wait..wait... Yoochun pernah jadi bintang tamu EHB? bareng Suju? kok aku nggak ingat yah. Apa aku nggak nonton yang episode ada dia. Kalau aku awalnya suka Yuhno trus oleng ke Yoochun, haha pelet dia kuat. Tahun 2012 TVXQ tingga berdua doank yah, klo nggah salah..wajar kalau jadi lebih ngikutin Suju.

      Nah itu lah, nonfans itu kadang lebih beruntung dari pada fans. Emang jadi bikin iri.
      Kalau saat itu aku suka kpop, mungkin bakal ikut nonton Inkigayo dll. pokoknya jadi fans paling bahagia.

      Delete