Cerita Suka K-Pop Lagi Setelah Hiatus 5 Tahun

by - May 05, 2021


Postingan ini melanjutkan Cerita awal mula suka K-Pop

Peran Teman Kos Hingga SOOMPI

Sejak tahun 2012, saya merasa sudah keluar dari dunia fandom seutuhnya. Karena saat itu benar-benar sudah tidak tertarik dengan boyband / girlband Korea. Ditambah lagi lingkungan kerja yang mayoritas laki-laki dan kebetulan rekan kerja perempuan di tempat saya juga tidak tertarik dengan K-Pop. Walau demikian, seperti yang dituliskan di postingan sebelumnya, saya masih mendengarkan OST drama, lagu indie dan ballad dari penyanyi Korea yang menurut saya bagus.

Pada tahun 2017, pindah kosan dan bertemu teman baru yang sebenarnya masih satu perusahaan (namanya Aning). Ternyata dia suka K-pop khususnya FT Island dan Super Junior. Layaknya fans jaman sekarang, dia punya lightstick, album dan juga menonton konser FT Island hingga ke luar negeri. 

Saat melihat dia, saya bergumam "Kok bisa yah punya boyband favorit?" dan sempat terpikirkan "Kangen juga punya band kesukaan" "Bagaimana yah supaya bisa punya band yang benar-benar disukai" . Yah, pikiran seperti itu sempat terlintas tapi saya masih biasa saja dalam artian tidak memaksakan diri untuk menyukai K-pop lagi.

Nah bagaimana saya bisa suka K-Pop lagi?
Wait, mohon bersabar.
Masih ada yang harus diceritakan.

Salah satu kegiatan yang saya lakukan untuk mengisi waktu istirahat adalah menonton drama Korea. Info-info drama terbaru saya dapatkan di Soompi, sebuah website yang menyediakan informasi terkini mengenai drama Korea, acara/tv show Korea dan tentu saja tentang musik a.k.a K-Pop.

Menurut saya Soompi adalah portal berita Entertaiment Korea yang cukup terpercaya dan netral. Terpercaya karena hanya membagikan berita yang bersifat official bukan rumor apalagi hoax. Netral yang berarti tidak memihak atau dominan pada artis / grup tertentu atau agensi tertentu.

Saat itu saya hanya fokus membaca berita / artikel terkait drama Korea supaya tau drama apa yang sedang hits atau drama yang akan tayang.



Berawal Dari Ultimate Spring Playlist

Sekitar bulan April 2017 saya tertarik membaca artikel di Soompi yang berjudul 20 Korean Songs For Your Ultimate Spring Playlist karena waktu itu saya ingin menambahkan lagu baru di playlist

Sesuai judulnya, sang penulis merekomendasikan 20 lagu Korea yang bertemakan Spring atau musim semi, mulai dari soloist, band, boyband hingga girlband. Pada artikel tersebut juga diberikan link video dari semua lagu yang direkomendasikan. ingat sekali, saat itu saya membaca artikel ini di kantor sehingga yang bisa dilakukan hanya mendengarkan lagu tersebut satu per satu.

Ada lagu yang memang sudah saya sukai seperti “Cherry Blossom Ending” oleh band yang bernama Busker Busker, karena lagu ini memang sudah viral sejak 2012. Lagu dari boyband yang sudah terkenal yaitu “Let’s Not Fall In Love” oleh BIGBANG. Ada lagu dari band indie yang saya sukai yaitu “To say ‘I love you'” oleh Standing EGG.

Dan juga ada beberapa lagu yang baru diketahui namun langsung suka yaitu "Spring Day" oleh BTS, “What the Spring??” oleh 10cm “Some” oleh Soyou and Junggigo dan “Ordinary Love” oleh Park Kyung and Park Bo Ram. *Saat menulis ini, saya jadi ingin mendengarkan lagu-lagu itu lagi.

Begitu pulang kerja, jadi penasaran ingin menonton MV dari semua lagu di atas. Jujur, semuanya bagus-bagus dan nuansa springnya kental sekali. Namun ada satu yang lebih mencuri perhatian saya karena alur cerita di MV yang membingungkan. Namun tampilannya sangat aesthetic dan lagu terdengar sedih yaitu Spring Day dari BTS. 

Btw berikut potongan gambar dari MV Spring Day yang paling saya sukai.






Terhipnotis Spring Day

Serius, lagu ini menghipnotis saya sehingga menjadi lagu yang paling saya putar terutama saat menyetir mobil. Pernah suatu saat teman kosan, Aning, yang suka FT Island naik mobil saya dan berkata "Wah, mba Dila suka BTS yah?"

Sayapun menjawab "Aku enggak peduli sama penyanyinya Ning, cuma suka Spring Day ini aja, enak banget lagunya". Yap, karena saat itu hanya fokus kepada lagu dan belum penasaran dengan penyanyinya.

Waktu demi waktu playlist saya terus diperbaharui, terutama lagu-lagu yang ada di USB di mobil. Karena tidak bisa menyetir tanpa musik, akhirnya saya mulai bosan dengan Spring Day dan ingin mencari lagu menarik lainnya.

Saat itu bukannya mencari di Spotify, malah membuka channel Youtube BTS. Saya melihat MV terbaru setelah Spring Day. Kebetulan saat itu ada MV berjudul Come Back Home yang ternyata itu aslinya adalah lagu dari Seo Taiji (penyanyi senior di Korea) yang diremake oleh BTS dalam rangka anniversary Seo Taiji yang ke 25 tahun.

Sepertinya timing saya kurang pas, dengan basic MV Spring Day yang aesthetic dan diperanin langsung oleh member BTS lalu melihat MV Come Back Home yang musiknya cukup berbeda dan tidak ada wajah mereka di dalamnya, sehingga saya tidak melanjutkan hunting lagu baru di channel BTS.



Takjub Mendengar RM berpidato dalam Bahasa Inggris

Beberapa bulan kemudian dan masih di tahun 2017, saya merasa masih dibayang-bayangi oleh BTS. Karena tanpa disadari mereka sangat banyak bertebaran di media sosial. Salah satu yang paling membuat penasaran dengan BTS adalah saat melihat video RM fasih berbahas Inggris ketika menerima penghargaan Top Social Arists di BBMA.

Sejauh saya menjadi K-Poper sebelum tahun 2012, belum pernah ada boyband / girlband yang menerima penghargaan di acara musik di Amerika. Saya semakin bertanya "Ini boyband dari Big 3 manakah? YG? JPY? atau SM?" Begitu tau BTS bukan bagian dari Big 3, sayapun semakin penasaran. "Kok bisa bukan Big 3 tapi seterkenal ini?"


Suka K-Pop Lagi Berkat BTS

Akhirnya saya buka lagi channel Youtube BTS dan menemukan MV yang berjudul Not Today. Sangat berbeda dengan Spring Day, Not Today imagenya lebih tangguh, koreografinya keren dan lagunya juga enak didengar.

Setelah itu yang dilakukan adalah menonton video reaction MV BTS yang ada di Youtube. Ada banyak video reaction yang saya tonton dari berbagai channel luar negeri. Ada reaksi dari non-kpopers, reaksi dari para pemain musik, reaksi remaja hingga anak kecil.

Saya suka menonton video reaksi, karena seperti ada teman menonton. Dari situ saya semakin tau lagu-lagu hits BTS. Setelah itu baru pindah ke Spotify untuk mendengarkan lagu-lagu BTS lainnya. Ternyata sudah banyak mini album dan album yang telah dihasilkan oleh BTS.

Kalau tidak salah sekitar bulan September / Oktober saya benar-benar tertarik dengan BTS, karena tidak hanya mendengarkan lagunya, tapi juga menonton MV satu per satu serta mulai mencari tau tv show mereka.

Oh iya, yang lebih penting mulai mempelajari nama-nama membernya. Dan sekarang saya tau, lelaki yang saya sukai di MV Spring Day adalah Jungkook. 


*Fun fact : saat hiatus dalam dunia K-Pop, saya pernah main kuis-kuisan di Telegram bersama teman kantor. Salah satu pertanyaan adalah "Sebutkan member BTS yang namanya diawali dengan huruf J!" dan dengan polosnya saya mencari jawaban di Google. Wkwkwk.

Tidak menyangka setelah 5 tahun lebih, akhirnya masuk lagi ke dunia fandom berkat BTS. Dimulai dari menyukai BTS, secara natural sayapun mengetahui lagi boyband/girlband Korea lainnya dan menonton tv show mereka.

Menjadi K-Popers lagi sebenarnya cukup banyak shock culture yang saya rasakan. Apa saja itu? nanti saya tuliskan di postingan selanjutnya hehehe...



이상-
딜라--

You May Also Like

2 Comments

  1. SKJHSJHGDKJSHKDJ ENDINGNYA xD oke harus sabar menunggu xD

    Lama juga ya mba Dila hiatusnya, pas mba Dila stop K-Popan tahun 2012, aku kebalikannya...lagi bucin banget sama artis-artis K-Pop WKWKWKWKWK. Kalau diingat-ingat sih aku nggak pernah hiatus sama sekali, pernahnya turun minat di tahun 2015-2016 karena K-Pop lagi sepi juga. Eh terus rame lagi tahun 2017 sampai sekarang.

    Lagu Spring Day itu aku taunya dari salah seorang member Seventeen yang nyanyi wkwkwkwk terus kok cocok sama seleraku. Waktu Not Today rilis itu mbaaa aku langsung suka sama lagunya!!! xD Padahal biasanya aku nggak suka lagu-lagu yang berisik, tapi Not Today ini pengecualian sepertinya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Indah~ pembaca setia KPOP X Together,,, wkwk
      Kamu hebat indah, bisa selalu setia sama Kpop, ga salah Happiness and Delight bisa berkembang hingga sekarang yah.

      Siapa member Seventeen yang nyanyi Spring Day? jadi penasaran.
      Iya, Not Today termasuk berisik, dan waktu pertama kali lihat MVnya, aku merasa cowo berambut pink a.k.a Jimin mencuri perhatian bgt.

      wkwk, udah jago sekarang aku bikin tulisan dengan dengan ending bersambung.

      Delete